Krishna Reddy, Bocah 13 Tahun Menciptakan Alat Pendeteksi Narkoba


Krishna Reddy, Bocah 13 Tahun Menciptakan Alat Pendeteksi Narkoba
e Smart Gadget : Seorang bocah  masih yang berusia 13 tahun telah berhasil menciptakan sebuah alat yang dapat mendeteksi apakah seseorang sedang mengkonsumsi narkoba atau mabuk. Remaja asal dari Wichita Falls, Texas, Amerika Serikat keturunan India ini bernama Krishna Reddy.

Bocah cerdas ini menciptakan alat pendeteksi narkoba dengan  menggunakan metode 'breathalyzers'. Yaitu, metode yang digunaka mengukur konten alkohol yang dikeluarkan melalui hembusan nafas seseorang. Selain itu, alat ini dapat mendeteksi apakah seseorang mengkonsumsi ganja, mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, mengkonsumsi obat tidur, dan mengkonsumsi amfetamin serta minum minuman keras yang tentu nya sangat berbahaya pada saat mengemudikan kendaraan.

Perangkat yang dirancang oleh Krishna Reddy dilengkapi dengan kamera digital, senter, serta gulungan tisu toilet. Untuk sistem kerjanya, pertama cahaya senter diarahkan ke mata, kemudian gulungan kertas toilet akan mengarahkan cahaya dari senter ke bagian pupil pada mata, kemudian kamera akan merekam video pupil tersebut.

Dengan menggunakan bantuan software program komputer, yang akan mengukur penyempitan pupil mata yang telah disinari oleh senter, yang kemudian dapat ditentukan hasilnya apakah sedang dalam pengaruh narkoba atau tidak berdasarkan hasil perhitungan.

Krishna Reddy sendiri adalah penemu muda yang masuk dalam 10 finalis Discovery Education 3M Young Scientist Challenge. Kompetisi tersebut berhadiah USD25 ribu dan akan mendapatkan gelar Amerika Top Young Scientist (Ilmuwan muda)..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Protected by Copyscape Online Copyright Search