Dengan Fitur Ini, Facebook Mampu Cegah Pengguna Bunuh Diri

Dengan Fitur Ini, Facebook Mampu Cegah Pengguna Bunuh Diri
e smart gadget : Pihak Facebook mengungkapkan telah merilis sebuah fitur baru yang berguna untuk pencegahan bunuh diri. Mungkin Lebih tepatnya, fitur ini berfungsi untuk membantu pengguna yang memiliki teman, keluarga, atau kerabat yang dianggap sedang dalam masalah dan berpotensi mengakhiri hidup.

Memang kita sering menemukan menemukan status di media sosial seperti galau, bernada putus asa,  depresi dan gerak-gerik yang mencurigakan yang menjurus untuk bunuh diri.

Seperti yang dilandir dari BBC, dengan fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah orang yang nekad untuk bunuh diri, sebab seringkali seseorang tidak tahu harus berbuat apa, jika melihat orang terdekatnya yang berpotensi bunuh diri.

Fitur yang dikembangkan oleh Facebook ini, terwujud melalui kerja sama dengan organisasi kesehatan mental seperti Now Matters Now, National Suicide Prevention Lifeline, Save.org untuk berkonsultasi dengan orang yang mengalami depresi. Pihak Facebook menyiagakan tim ini selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu untuk mencegah tindakan bunuh diri di seluruh dunia.

Cara kerja fitur ini adalah, kerabat atau orang terdekat dari pengguna yang terindikasi bermasalah dan dicurigai berniat bunuh diri untuk melaporkan status yang bernada depresi dari orang tersebut. Selanjutnya, tim dari Facebook akan mengkaji laporan-laporan yang masuk dan menampilkan informasi mengenai bagaimana cara pencegahan depresi dan bunuh diri melalui pesan pribadi ke akun pengguna yang terkait.

Disaat pengguna yang yang terindikasi bermasalah dan depresi log in ke Facebook, maka pesan khusus akan tertera di layar utamanya, yang dapat dipilih untuk mencurahkan isi hatinya kepada seseorang, dan dapat juga supaya pengguna untuk memilih diberi tips supaya tak berlarut-larut dalam kesedihan.

Untuk sementara fitur baru ini hanya dapat digunakan di Amerika Serikat saja. Tetapi pihak Facebook masih terus mengembangkan fitur ini yang dapat digunakan oleh pengguna di luar Amerika Serikat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Protected by Copyscape Online Copyright Search