m-Fish, Aplikasi Berbasis Android Untuk Membantu Nelayan Indonesia

m-Fish, Aplikasi Berbasis Android Untuk Membantu Nelayan Indonesia

e smart gadget : Operator XL Axiata yang bekerja sama dengan Tone telah memperkenalkan aplikasi m-Fish (mobile Fish), yang berguna bagi nelayan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dan memudahkan nelayan untuk menangkap inkan.

Secara garis besar fungsi aplikasi ini adalah memberi informasi kepada nelayan tentang kondisi laut yang mencakup informasi cuaca, ketinggian ombak.dan keberadaan plankton yang merupakan patokan lokasi ikan, serta aplikasi ini juga dapat mengecek  harga ikan di pasaran. Selain itu, aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk melaporkan tindakan pencurian ikan ke pihak yang berwajib.

Menurut Dian Siswarini selaku Wakil Presiden Direktur XL yang mengatakan, bahwa aplikasi m-Fish dapat membantu para nelayan untuk memperkirakan kondisi cuaca yang terbaik untuk mencari ikan, selain itu dapat menunjukan di mana posisi keberadaan plankton yang merupakan tempat ikan makan dan berkumpul.

Dan Dian Siswarini menambahkan, alasan pengembangan aplikasi ini adalah untuk dapat bersinergi dengan program pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, alasan lainnya untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat khususnya nelayan untuk memudahkan aktifitasnya.

Melalui mFish ini, XL tak hanya menyediakan jaringan tapi juga memberikan reason to use internet bagi masyarakat dengan mendigitalkan masyarakat Indonesia ujar Dian Siswarini.

Untuk saat ini, sebagai langkah awal, pihak XL akan menargetkan dengan menyebar sekitar 18 ribu kit yang disiapkan untuk kawasan Lombok, dan ke depannya akan juga tersedia untuk Kendari, Tegal, dan Karimun Jawa, yang totalnya 50.000 unit.

Sebagai tahap awal, nelayan Lombok mendapatkan kit yang berisikan dengan sebuah ponsel pintar berbasis Android serta kartu SIM XL dan paket data sebesar 1 Gb per bulan. Selain itu, terdapat solar charger (pengisian baterai bertenaga surya), buku panduan, tas tahan air.

Kabarnya aplikasi m-Fish juga akan diperkenalkan secara global melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 yang bakalan diadakan di Barcelona, Spanyol awal Maret 2015 mendatang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Protected by Copyscape Online Copyright Search